Selasa, 16 Agustus 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS KELAS 3A

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Masyarakat kelas 2C dengan membawa kan tema Hari Kemerdekaan Indonesia.

Adinda Aprilia (3A)

Minggu, 14 Agustus 2022

Kepengurusan dan Program Kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika Periode 2022

Steering Committee

Ketua Himpunan
Putri Azzah Nabilla (Ketua Himpunan)
Moch Iqbal Haikal Yasin (Sekretaris Umum) 

Aulya Ahdaniah (Bendahara Umum)






Bidang Kesejahteraan Mahasiswa
Amelia Putri (Ketua Bidang Kesma)
Sofia Azzahra (Anggota Bidang Kesma) 
Robbi Dwi Saputra Salim (Anggota Bidang Kesma)



Program Kerja Bidang Kesejahteraan Mahasiswa
  • Musyawarah Mahasiswa (Jangka Pendek)

  • Kesma Centre (Jangka Panjang)
Kesma Center adalah wadah untuk menampung segala keluhan mahasiswa Pendidikan Masyarakat melalui google form yang telah disediakan dan mengadakan audiensi untuk membantu memecahkan permasalahan yang sudah ditampung sebelumnya.

Output dari Kesma Centre ini adalah
• Mengetahui segala permasalahan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika. 
• Membantu dalam memecahkan segala permasalahan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika.

  • Informasi Beasiswa (Jangka Panjang)
Informasi Beasiswa ini yaitu Kesma mencari dan menyebarkan informasi beasiswa kepada mahasiswa Pendidikan Masyarakat baik dari pihak internal maupun eksternal kampus.

Output dari Informasi Beasiswa ini adalah
• Tersalurkannya informasi - informasi beasiswa kepada mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika 
• Diperolehnya informasi - informasi beasiswa tersebut oleh mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika.



Bidang Pendidikan dan Pelatihan
Eka Dani Trisuma (Ketua Bidang Diklat)
Naila Rizki Amelia (Anggota Bidang Diklat)
Nur Aisyah Syaharani (Anggota Bidang Diklat)



Program Kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan
  • PPSM (Jangka Pendek)
PPSM adalah agenda rutin yang diselenggarakan setiap awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilakukan setelah proses penerimaan mahasiswa baru. PPSM diselenggarakan untuk mempersiapkan para mahasiswa baru dalam memasuki dunia perkuliahan. Berbagai materi disampaikan untuk membekali para mahasiswa agar dapat mengenali dan memahami

Output dari PPSM ini adalah
• Mahasiswa baru dapat mengenal mengenal dan memahami program studi Pendidikan Masyarakat dan organisasi mahasiswa Himapenmas. 
• Mahasiswa baru mempunyai gambaran atau pandangan untuk masa depan dari para pemateri.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2022

  • Webinar Community Education (Jangka Pendek)
Webinar Community Education ini adalah kegiatan seminar yang diadakan secara online. Di mana webinar ini dijalankan dengan konsep panel diskusi yang diawali oleh pemaparan materi dan dilanjut dengan sesi tanya jawab. Kegiatan Webinar Community Education ini dilaksanakan dengan maksud agar para peserta webinar dapat menambah wawasan atau pengetahuan, ilmu, serta pemahaman mengenai materi - materi yang akan dibahas pada saat Webinar Community Education itu berlangsung. Materi yang dibahas berupa pengetahuan -pengetahuan seputar pendidikan non formal, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta yang mengikutinya.

Output dari Webinar Community Education ini adalah
Meningkatkan intelektual dan keilmuan peserta webinar melalui diskusi langsung (non tatap muka) dengan narasumber professional di bidangnya. Serta membiasakan peserta webinar untuk memanfaatkan teknologi dalam aktivitas pembelajaran.

  • Training of Journal Series (Jangka Panjang)
Kegiatan ini memiliki konsep di mana terdapat pemateri sebagai pembicara utama dalam yang menjelaskan tentang materi tahapan -tahapan dalam menyusun jurnal. Di akhir kegiatan ini terdapat tanya jawab antara pemateri dengan peserta dan hasil karya jurnal dari mahasiswa aktif Pendidikan Masyarakat yang merupakan esensi utama dari kegiatan pelatihan jurnal ini.

Output dari Training of Journal Series ini adalah
Mahasiswa mengetahui tentang susunan atau tahapan yang ada di dalam jurnal serta mahasiswa dapat membuat jurnal dengan baik dan benar.



Bidang Pengabdian Pada Masyarakat
Fina Siti Nur Aulia (Ketua Bidang PPM)
Adhwa Cahyani (Anggota Bidang PPM)
Hana Noferia Kinanti (Anggota Bidang PPM)



Program Kerja Pengabdian Pada Masyarakat
  • Satu Minggu Mengabdi (Jangka Pendek)
Kegiatan SMM ini dilakukan satu kali dalam setahun dengan waktu pengabdian selama satu minggu dalam satu periode kepengurusan. Kegiatan ini berpusat pada suatu lembaga nonformal yang kekurangan tenaga pendidik, dengan cara mahasiswa aktif Pendidikan Masyarakat turun langsung menjadi volunteer untuk berkontribusi terhadap lembaga tersebut. Serta tidak hanya ke lembaga, tetapi juga mengadakan pelatihan di lingkungan masyarakat, yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Mahasiswa/i yang menjadi volunteer dapat berkontribusi untuk memperbaiki lingkungan masyarakat di daerah tersebut.

Output dari Satu Minggu Mengabdi ini adalah
• Menambah wawasan baru bagi volunteer. 
• Volunteer dapat mengamalkan ilmu yang telah dipelajari selama selama kuliah untuk diaplikasikan nanti ketika melakukan pengabdian. 
• Meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut 
• Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang ada di desa tersebut. 
• Meningkatkan keadaan atau kondisi desa tersebut.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 17 - 23 Juli 2022

  • Sebar Nasi Bungkus (Jangka Panjang)
Ini adalah kegiatan yang berorientasi kepada masyarakat jalanan yang kurang mampu dan dilaksanakan satu bulan sekali, pada minggu ke 4 di mulai dari bulan Maret sampai dengan November, sehingga terlaksana 9 kali dalam kepengurusan periode 2022 Pendanaan dari kegiatan ini diperoleh dari hasil open donasi berupa uang. Hasil keseluruhan dana tersebut digunakan untuk membeli nasi bungkus yang nantinya akan diberikan pada masyarakat jalanan yang kurang mampu.

Output dari kegiatan Sebar Nasi Bungkus ini adalah
• Menumbuhkan rasa simpati dan empati dari tiap -tiap donatur. 
• Masyarakat sekitar jalan yang kurang mampu, mendapatkan bantuan dalam hal pangan. 

  • Himapenmas Tanggap Bencana (Jangka Panjang)
Kegiatan ini dilakukan pada saat terjadi bencana alam/non alam di suatu daerah, Himapenmas bekerja sama dengan lembaga luar, yakni Karawang Peduli jika penyalurannya tidak dilakukan secara langsung. Serta kita mendapatkan donasi melalui pamflet open donasi baik berupa uang/barang. Jika donasi masih kurang, kita melakukan open donasi di jalanan. Hasil donasi tersebut disalurkan kepada masyarakat di daerah yang terkena dampak bencana.

Output dari Kegiatan Himapenmas Tanggap bencana ini adalah 
• Menambah tali silaturahmi dengan pihak yang terkena bencana. 
• Masyarakat yang terkena bencana mendapatkan bantuan yang di mana bantuan tersebut bersumber dari para donatur (dengan melalui bidang PPM Himapenmas)

  • Taman Baca Masyarakat (Jangka Panjang)
Kegiatan ini dilakukan 1 kali dalam sebulan. Dalam kegiatan ini volunteer membuka gelaran buku bacaan kepada anak-anak, volunteer mengajarkan tentang pentingnya mengenal huruf dan paham isi dari buku yang dibaca, serta terdapat kreativitas lainnya sehingga anak-anak semangat untuk belajar. Terkait gelaran pun kami pilih buku yang pas sesuai dengan pembaca yang datang nantinya. Untuk menambah buku atau kebutuhan lainnya kami melakukan open donasi, buku cerita atau novel, serta alat tulis.

Output dari Taman Baca Masyarakat Ini adalah
• Menumbuhkan rasa percaya diri (anak-anak atau masyarakat yang ikut kegiatan TAMASYA) 
• Meningkatkan semangat dalam berliterasi (anak-anak atau masyarakat yang ikut kegiatan TAMASYA) 
• Mendapatkan pengalaman baru atau pengetahuan yang belum diketahui (anak-anak atau masyarakat yang ikut kegiatan TAMASYA)



Bidang Komunikasi dan Informasi
Heikal Fahrezi (Ketua Bidang Kominfo)
Arie Widia Rahayu (Anggota Bidang Kominfo)
Al-Azzam Faizarush Hayan (Anggota Bidang Kominfo)



Program Kerja Bidang komunikasi dan Informasi
  • Himapenmas Podcast (Jangka Panjang)
Himapenmas Podcast terdiri dari wawancara antara host dan narasumber minimal dua arah atau lebih yang di unggah di media sosial Spotify dan Youtube. Himapenmas Podcast diselenggarakan untuk berbagi informasi kepada mahasiswa aktif tentang ke - Penmas an ataupun berbagi cerita atau pengalaman mahasiswa aktif yang mempunyai pengalaman menarik di bidang akademik mau pun non akademik.

Output dari Himapenmas Podcast yaitu tersebarnya informasi seputar pendidikan luar sekolah kepada mahasiswa pls fkip unsika, alumni PLS FKIP Unsika dan warganet.

  • Himapenmas Youtube (Jangka Panjang)
Himapenmas Youtube berisi tentang Live streaming program kerja Himapenmas dan dokumenter program kerja Himapenmas. HimapenmasYoutube  memiliki tujuan sebagai media informasi dan komunikasi berisi audio visual bagi mahasiswa aktif Program Studi PLS, alumni Program Studi PLS, dan warganet.

Output dari himapenmas youtube yaitu mempublikasi kan video dokumentasi program kerja Himapenmas yang berupa Live Streaming dan dokumenter.

  • Himapenmas Instagram (Jangka Panjang)
Kegiatan dalam program kerja Instagram ini terdiri dari Open Recruitment panitia, informasi terkini seputar kampus dan luar kampus, dokumentasi acara, peringatan hari-hari besar, informasi beasiswa, dan mading online. Program Kerja Instagram diselenggarakan untuk berbagi informasi perihal Pendidikan Luar Sekolah dan informasi dari internal maupun eksternal kampus.

Output dari himapenmas youtube adalah tersebarnya informasi yang kami sebarkan melalui Instagram Himapenmas Unsika kepada sasaran kami yaitu Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Alumni Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah dan warganet.

  • Himapenmas Mading dan Blog (Jangka Panjang)
Majalah dinding adalah salah satu jenis media massa dengan penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya dan Blog adalah website yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman konten atau postingan blog. Mading memiliki tujuan sebagai media informasi dan komunikasi bagi mahasiswa aktif, alumni, dan warganet.

Pembuatan mading dimaksudkan untuk mengembangkan bakat atau kreatifitas dari mahasiswa prodi pendidikan masyarakat FKIP Unsika dan blog sebagai media apresiasi terhadap mahasiswa prodi pendidikan masyarakat FKIP Unsika.



Bidang Minat dan Bakat
Cucu Nursyamsi (Ketua Bidang Minba)

Saundra Astri Ferika (Anggota Bidang Minba)

Ucuk Siti Sukmawati (Anggota Bidang Minba)



Program Kerja Bidang Minat dan Bakat
  • Cesa Fest (Jangka Pendek)
Cesa Fest merupakan kegiatan yang terdiri dari rangkaian Opening Ceremony yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan perlombaan umum, pemilihan duta, dan donor darah dan sebagainya. Lalu pada hari ke dua ada perlombaan antar mahasiswa aktif Pendidikan Masyarakat dan pada hari ketiga yaitu Closing Ceremony di mana puncak dari kegiatan Cesa Fest yaitu penyematan duta Pendidikan Masyarakat secara simbolis dan pengumuman kejuaraan lomba yang telah diselenggarakan serta acara puncak dari diesnatalis Himapenmas yang ke -11 yaitu menghadirkan Guest Star.

Output dari kegiatan ini adalah menggali bakat dan potensi mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Unsika dalam bidang olahraga seni, dan budaya, merekatkan tali silaturahmi terhadap seluruh komponen program studi Pendidikan Masyarakat, membantu program studi dalam menghasilkan mahasiswa unggul dan kompetitif, dan membuka peluang kerja sama jangka panjang dengan pihak - pihak yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

  • Unit kegiatan Mahasiswa (Jangka Panjang)
Kegiatan ini merupakan sebuah wadah untuk mahasiswa Pendidikan Masyarakat dalam menyalurkan minat dan kegemarannya khususnya di bidang olahraga dan kesenian.

Output dari kegiatan ini adalah mempererat hubungan antar sesama mahasiswa Pendidikan Masyarakat dari berbagai tingkatan dan mewadahi kemampuan mahasiswa Pendidikan Masyarakat di luar bidang non akademik.

  • Informasi Lomba (jangka Panjang)
Informasi lomba adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh bidang minat dan bakat dalam menyebarluaskan informasi perlombaan -perlombaan baik itu di dalam maupun di luar kampus.

Output dari kegiatan ini adalah mempererat hubungan antar sesama mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah dari berbagai tingkatan dan mewadahi kemampuan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah di luar bidang non akademik. 



Bidang Badan Pengurus Harian
Farelsada Athaya (Anggota Bidang BPH)

Sri Dian Utami (Anggota Bidang BPH)



Program Kerja Bidang Badan Pengurus Harian
  • Imadiklus Training 1 (Jangka Pendek)
Para peserta Imadiklus Training 1 diberikan materi seputar keimadiklusan serta peranan PLS di masyarakat. Para peserta juga diberikan wadah untuk saling bertukar pikiran dan juga untuk menjalin tali silaturahmi keluarga PLS dan Universitas di Wilayah 3.

Output dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa PLS lebih tahu dan mengenal tentang Imadiklus dan PLS itu sendiri secara lebih dalam dan juga bisa mengaplikasikannya ke masyarakat.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022

  • Kelas Diskusi (Jangka Panjang)
Kegiatan ini dilakukan untuk berdiskusi tentang keimadiklusan, ke PLS an, dan materi-materi lainnya melalui media penyampaian yang berbeda-beda.

Output dari kegiatan ini adalah meningkatkan keberanian dan menambah wawasan mahasiswa aktif dalam berdiskusi serta mengeratkan tali kekeluargaan di dalam PLS itu sendiri.

  • Kunjungan Universitas (Jangka Panjang)
Melakukan kunjungan dan berdiskusi ke beberapa universitas di Imadiklus wilayah 3 yang bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar mahasiswa aktif PLS dengan universitas yang ada di wilayah 3.

Output dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang akan diterapkan untuk kedepannya dan juga untuk menambah relasi mahasiswa aktif dan silaturahmi antar BPH di Imadiklus wilayah 3.

Sejarah Berdirinya Himpunan Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang

Pada mulanya, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat atau yang disingkat Himapenmas berdiri pada tanggal 10 November 2011. Nama himpunan pada saat awal berdiri memiliki nama Himadiklus atau Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah yang kemudian berubah menjadi Himapenmas. Himapenmas berdiri berawal dari ide beberapa mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Unsika yang pada waktu itu sedang mengikuti kegiatan forum besar, Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Se-Indonesia (Imadiklus). Selesai dari kegiatan tersebut, delegasi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Unsika yang hadir pada saat itu semakin bertekad untuk membentuk komunitas di dalam lingkungan program studi S1 Pendidikan Luar Sekolah FKIP Unsika. Hingga akhirnya komunitas tersebut dapat berdiri dan dinamakan himpunan. Salah seorang yang menggagas sekaligus mendirikan Himapenmas ialah Samsul Azis, S.Pd. yang juga menjadi ketua Himapenmas pertama pada saat itu. 

Nama Himadiklus ke Himapenmas mengalami pergantian nama yang terjadi pada saat himpunan dipimpin oleh ketua Himapenmas ke-8, Anas Muthtar, S.Pd. yang berkeinginan untuk menyelaraskan nama himpunan dengan turunnya Nomenklatur/Keputusan Menristekdikti No. 57/M/KPT/2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi. Timbulnya gagasan tersebut didorong oleh suatu forum besar pendidikan masyarakat Indonesia pada tahun 2019, yakni kongres Apenmasi (Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia), yang di mana salah satu dari fokus pembahasannya ialah mengenai relevansi nama prodi pendidikan luar sekolah, pendidikan non formal, dan pendidikan masyarakat se-Indonesia.

Hingga pada 29 Maret 2019, nama Himadiklus berganti menjadi Himapenmas melalui Musyawarah Luar Biasa (Muslub) yang dari hasil musyawarah tersebut nama himpunan pada prodi S1 pendidikan luar sekolah FKIP secara resmi berganti nama. Dari Muslub itu juga menghasilkan satu bidang baru yang berfokus pada hubungan eksternal ke Imadiklus yaitu Bidang Badan Pengurus Harian (BPH).

Sabtu, 13 Agustus 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS KELAS 4C

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Masyarakat kelas 4C dengan membawa kan tema Hari Pramuka.


Wahidin Aldian Mutiar (4C)

Sabtu, 23 Juli 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS 4B

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Masyarakat kelas 4B dengan membawa kan tema Hari Anak Nasional.

Harum Sumitra (4B)

Minggu, 17 Juli 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS 4A

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Masyarakat kelas 4A dengan membawa kan tema Hari Keadilan Internasional.

Cucu Nursyamsi (4A)


Minggu, 29 Mei 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS 6A

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Masyarakat kelas 6A dengan membawa kan tema Hari Internasional Perdamaian PBB.



Augie Leony Annisa Putri (6A)

Jumat, 20 Mei 2022

Perubahan Nomenklatur Pendidikan Luar Sekolah Menjadi Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang

Tata nama atau nomenklatur (bahasa inggrisnomenclature) berasal dari bahasa latin: nomen untuk penamaan atau calare bagi sebuah penyebutan dalam bahasa yunani: berasal dari kata όνομα atau onoma yang sama berarti dengan bahasa inggris kuno nama dan bahasa jerman kuno: namo adalah merujuk pada persyaratan, sistem prinsip-prinsip dasar, prosedur dan persyaratan yang berkaitan dengan penamaan yang dapat merupakan pembakuan kata atau frasa penugasan untuk objek tertentu.

Sejak awal berdirinya Universitas Singaperbangsa Karawang pada tanggal 2 Februari 1982 pada saat itu hanya ada beberapa fakultas salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki 2 program studi yaitu Pendidikan Luar Sekolah dan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang berarti bahwa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah ini adalah salah satu Program Studi yang tertua yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang ini. Berikut adalah profil Pendidikan Luar Sekolah Universitas Singaperbangsa Karawang:

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Izin Operasional tahun 1982
  • Status Terdaftar tahun 1983
  • Status Diakui tahun 1996
  • Status Akreditasi Pertama tahun 2002
  • Status Akreditasi Kedua tahun 2005
  • Status Akreditasi Ketiga tahun 2010

Setelah mengemban nama Pendidikan Luar Sekolah selama 40 tahun, akhirnya nama Pendidikan Luar Sekolah berganti nama menjadi Pendidikan Masyarakat yang ditetapkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 284/E/O/2022 di Jakarta pada tanggal 20 April 2022 yang di tandatangani oleh Atas Nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kamis, 21 April 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS 8B

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Luar Sekolah kelas 8B dengan membawa kan tema Hari Kartini.

Ika Nur Wahyuning Tias (8B)

Senin, 11 April 2022

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS 8A

MADING KARYA MAHASISWA PENMAS

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Luar Sekolah kelas 8A dengan membawa kan tema Bulan Suci Ramadhan.



Khairana Nadhila Hergiansa (8A)


Sabtu, 27 November 2021

MADING KRAMAS 2.0

 MADING KRAMAS 2.0

Berikut hasil karya Mahasiswa Aktif Pendidikan Luar Sekolah dengan membawa kan tema mengenai Sumpah Pemuda dan Kemerdekaan Indonesia. Sangat menarik dan keren-keren. 

 

Nahilah



Ika Nur Wahyuning Tias


Kania Salsabilla Putri



Arie Widia

Jumat, 05 November 2021



DATA ALUMNI
Selamat kepada akang dan teteh angkatan 2017 telah lulus dan mendapatkan gelar S.Pd. Semoga sukses dan ilmu yang didapat semoga bermanfaat. Aamiin


FOTO ALUMNI 2017

Rabu, 01 September 2021

DOKUMENTASI KEGIATAN HIMAPENMAS 2021-2022

BADAN PENGURUS HARIAN (BPH)
Imadiklus Training (IT 1)
Kelas Diskusi

KOMUNIKASI DAN INFORMASI (KOMINFO)
Mading Kramas
Mading Online

KESEJAHTERAAN MAHASISWA (KESMA)
Berbagi Ceria Di Bulan Ramadhan (BACAN)

Berbagi Takjil

Surat Edaran

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT)
Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM)
Lihat Disini

Pelatihan Kewirausahaan

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM)
Sebar Nasi Bungkus (SENABUNG)

Satu Minggi Mengabdi (SMM)

Taman Baca Masyarakat (Tamasya)

MINAT DAN BAKAT (MINBA)
Community Education Sport and Art FEST (CESA FEST)

UKM Futsal

UKM Mobile Legend

UKM Tari
Lihat Disini