Sabtu, 30 Januari 2021

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH


A. PROFIL LULUSAN
        Lulusan Program Studi Luar Sekolah Strata Sarjana (S1) berperan sebagai Pendidik Masyarakat (Community Educator), yaitu tenaga profesional yang dapat mengisi berbagai pekerjaan bidang pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa pada institusi pemerintah dan non pemerintah.

B. KOMPETENSI LULUSAN
    1. Menguasai berbagai konsep dan teori human behavioral sciences dalam bidang pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa untuk memberdayakan masyarakat.
    2. Menerapkan prinsip, asas, pendekatan, strategi dan metode pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa untuk memberdayakan masyarakat.
    3. Mengambil keputusan strategik yang inovatif melalui kajian analitis terhadap data dan informasi penyelenggaraan program pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa untuk memberdayakan masyarakat.
    4. Melaksanakan berbagai program pendidikan nonformal dan informal (PNFI) berdasarkan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa untuk memberdayakan masyarakat. 
    5. Memerankan fungsi sebagai motivator, komunikator, fasilitator, perancang, pelaksana dan pengembang bidang pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa untuk memberdayakan masyarakat.
    6. Memanfaatkan dan mereview Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam pengelolaan program bidang pendidikan masyarakat dan pendidikan orang dewasa.

C. RUANG LINGKUP PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
    1. Sebagai pendidik masyarakat merupakan area profesional yang berkembang dan berkontribusi terhadap pengembangan teoritik dan praktik pendidikan yang ada di masyarakat.
    2. Sebagai pendidik masyarakat yang dapat memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran yang dilandasi proses pemberdayaan, keadilan sosial, perubahan, tantangan, kepedulian dan kesadaran kolektif.
    3. Sebagai pendidik masyarakat yang berfokus pada pengembangan masyarakat, pemuda dan pendidikan orang dewasa.
    4. Sebagai pendidik masyarakat yang meliputi semua penyelenggaraan pendidikan nonformal dan informal (PNFI) yang berkaitan dengan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa.

D. VISI
        Menjadi Program Studi yang Unggul, Kompetitif, dan Inovatif, yang dijiwai Budaya Bangsa dan menjadi rujukan keilmuan profesi pendidik masyarakat yang berkualitas dan siap kerja menghadapi kehidupan di abad 21.

E. MISI
    1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran dan pengelolaan dalam pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.
    2.Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui laboratorium sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pengembangan pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.
    4. Meningkatkan mutu pelayanan informasi, konsultasi, advokasi dan pelatihan dalam pengembangan kapasitas mahasiswa dan masyarakat melalui pendekatan pendidikan masyarakat.
    5. Mengembangkan dan membina profesi keilmuan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan masyarakat
    6. Mengembangkan jejaring (Net Working) dalam meningkatkan kerjasama dan kemitraan dalam bidang pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat secara lokal, nasional dan internasional

F. TUJUAN
    1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran di masyarakat
    2. Menghasilkan lulusan yang mampu terlibat dalam proses pemberdayaan masyarakat.
    3.Meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil penelitian bidang pendidikan masyarakat yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan keilmuan dan praktek di masyarakat. 
    4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi keilmuan pendidikan pendidikan masyarakat yang dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat 
    5. Terlaksananya jejaring (Net Working) melalui peningkatan kerjasama dan kemitraan dalam bidang pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat secara lokal, nasional dan internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar